Blog yang membahas tentang Crypto, Blockhain, Ico, Bitcoin dan lain lain.

Wednesday, November 21, 2018

Mengenal apa itu ICO

Mengenal apa itu ICO


    Pada sesi pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian apa itu ICO, apalagi saat ini ICO sudah sangat menjamur di mancanegara dan mulai diadopsi oleh Indonesi
Jika kita perhatikan pertumbuhan mata uang kripto, semakin hari semakin besar dan semakin populer karena adopsi mainstream sudah semakin luas.


ICO adalah singkatan dari Initial Coin Offering atau jika dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai “Penawaran Koin Perdana”. Yaitu semacam metode penawaran koin / token yang dilakukan oleh para pengembang, perusahaan startup / berkembang / maju, untuk memperoleh dana dari Crowdfunding sebagai dana pengembangan proyeknya.


ICO (Initial Coin Offerings) telah menjadi mekanisme populer untuk mendanai proyek-proyek berbasis teknologi blockchain. Dalam proyek ICO, bersifat tak ubahnya seperti menjual sebuah ramalan bahwa ketika token crypto itu masuk di bursa kripto, akan memberikan keuntungan. Pada dasarnya ICO telah menjadi alat penggalangan dana yang nantinya dapat diperdagangkan di burasa pertukaran crypto, para pemegang token pun berharap untuk bisa mendulang keuntungan.

Initial Coin Offering yang berarti sebuah start-up atau team yang sedang ingin menjalankan projectnya / project mereka dan menggunakan metode ICO guna untuk memperoleh dana ( crowdfunding ), dengan berpartisipasi dalam ico yaitu dengan cara mengirimkan dana melalui metode pembayaran yang telah di tentukan maka kita akan mendapatkan token dari project tersebut.
Melalui metode ICO banyak kelebihan yang bisa di dapat:
1.Project yang sedang di rencanakan dapat bisa dengan cepat terlaksana dan di coba apakah sukses atau tidak project tersebut
2.Dapat mendorong perkembangan / kemajuan teknologi melalui Ide – ide yang terlahir dari start-up baru yang muncul di seluruh penjuru dunia

setelah memahami pengertian ICO di atas,lantas apasih yang di lakukan oleh ico?

Apa Tujuan dari ICO

ICO ini biasanya di tawarkan oleh para developer dimana tujuan mereka adalah mengumpulkan dana untuk mengembangkan proyek yang mereka lakukan dalam hal ini adalah coin digital. Mereka membutuhkan dana guna memaksilkan proyek yang mereka lakukan agar cepat berkembang dan dapat secepatnya rampung

Apa Keuntungan dari ICO

Bagi para developer mereka akan mendapatkan bantuan dana guna mempercepat proyek yang mereka kembangkan sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Bagi para investor akan mendapatkan token atau coin yang mana nantinya coin tersebut dapat diperdagangkan secara bebas di market exchanger.

Keuntungan bagi para investor yang mengikuti ICO sebelum coin tersebut di luncurkan ke pasar bebas adalah harga yang diberikan akan lebih murah. Dan biasanya saat coin tersebut di luncurkan harganya akan melonjak hingga lebih dari 5x lipat dari harga ICO. Inilah yang membuat para investor menikmati adanya ICO ini.

Apakah ICO legal dan aman? , kenapa di beberapa negara ICO dilarang ?
ICO dilarang karena memiliki potensi fraud, ICO tidak memiliki badan regulasi, sehingga sesorang dapat melakan pengumpulan dana, cuci uang, skema piramid, scam melalui ICO tanpa harus bertanggung-jawab. Kemungkinan besar di masa mendatang, setiap pemerintah/negara, akan memiliki badan regulasi untuk mengatur ICO, semacam lembaga / badan/ institusi yang mengatur regulasi IPO saat ini

Apa hubungan ICO dan IPO
IPO merupakan Initial Public Offering yang mana ini merupakan sebuah investasi dalam sebuah perusahaan seperti misalnya google, facebook dan akan mendapatkan sekian saham dari investasi tersebut.

Perbedaan yang paling mencolok dari IPO dan ICO yaitu IPO saat hendak mengumpulkan dana harus
melalui banyak regulasi seperti institusi pemerintahan, institusi keungan, izin-izin dan ini pun belum sepenuhnya bisa diterima nantinya.

Sedangkan ICO lebih simple dan mudah tanpa melalui regulasi yang rumit seperti IPO serta dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin melakukan investasi. Uniknya lagi tidak ada batas minimal untuk berinvestasi di ICO.


sekian pembahasan singkat saya tentang ico
mungkin sedikit bisa membantu kawan-kawan yang ingin memulai bsinis baru yaitu bisnis internet


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal apa itu ICO

0 comments:

Post a Comment